BerandaBerita HukumBimtek Drafting Paten Lapan Angkatan I

Bimtek Drafting Paten Lapan Angkatan I

Pada tanggal 26-27 April 2012 bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Subbagian Hukum Biro Perencanaan dan Organisasi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Drafting Paten di Lingkungan Lapan Angkatan I dengan peserta para Peneliti dan Perekayasa di lingkungan Pusat Teknologi Roket, Pusat Teknologi Penerbangan, Pusat Teknologi Satelit, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Pusat Sains Antariksa, dan Balai Pengamatan Dirgantara Watukosek dengan narasumber Ir. Alex Rachman dan Ir. Sinom Pradopo dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM. 

Acara Bimtek tersebut diselenggarakan bertepatan dengan World Intellectual Propery Day (Hari Kekayaan Intelektual Sedunia) ke-12 yang jatuh pada tanggal 26 Aparil 2012. Bimtek Drafting Paten diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para Peneliti dan Perekayasa Lapan dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian dan pengembangan khususnya yang berpotensi memperoleh paten.

Dalam kesempatan Bimtek tersebut sekaligus diserahkan Sertifikat Paten oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi kepada Inventor Ing. Bambang Sapto Wibowo dengan judul Invensi Alat Separasi Roket Bertingkat dengan metode Nok Klem.  Narasumber dari Direktorat Jenderal HKI dalam Bimtek tersebut menyampaikan pentingnya akan drafting paten dan gambaran dari sistem perlindungan paten di Indonesia serta pencarian informasi paten dan dokumen paten secara Online. Setelah paparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan workshop drafting paten dan sharing/berbagi pengalaman diantara para Peneliti dan Perekayasa dalam melakukan penelitian yang berpotensi memperoleh paten.

Dengan kegiatan Bimtek Drafting Paten diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para Peneliti dan Perekayasa Lapan dalam rangka teknik penelusuran terhadap invensi yang akan dipatenkan, teknik penyusunan deskripsi dan teknik pembuatan klaim paten yang pada akhirnya dapat menggugah mindset atau pola pikir para Peneliti atau Perekayasa di lingkungan Lapan untuk dapat mendaftarkan paten. (Taz)

 

Last Updated on Wednesday, 05 September 2012 13:30