BerandaBerita HukumLaunching Sistem Informasi di Lingkungan Sekretariat Utama Lapan

Launching Sistem Informasi di Lingkungan Sekretariat Utama Lapan

Pada tanggal 2 Oktober 2012, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengadakan acara  Launching Sistem Informasi di Lingkungan Sekretariat Utama di Balai Pertemuan Dirgantara Kantor Lapan Pusat Jl. Pemuda Persil  No. I Rawamangun.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Lapan, Sekretaris Utama, para Deputi dan jajaran pejabat struktural Lapan. Acara di buka oleh Bapak Sri Kaloka Prabotosari selaku Sekretaris Utama Lapan, yang memaparkan gambaran singkat sistem Informasi yang akan di luncurkan, diantaranya adalah Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dan Tata Naskah Elektronik dari Biro Umum, Pedoman Akutansi Keuangan dari Badan Layanan Umum, Sistem Informasi Rencana Monitoring Evaluasi (SIFOREN MONEV) dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dari Biro Perencanaan dan Organisasi.

Selanjutnya adalah presentasi dari masing-masing bagian terkait sistem informasi yang akan diresmikan. Pada kesempatan itu Kasubbag Hukum menunjukkan tampilan web site dari program JDIH, konten informasi yang terkandung didalamnya, serta memberi petunjuk/langkah-langkah dalam mengakses web site JDIH Lapan, dimana di dalam JDIH Lapan dapat diakses melalui website Lapan.go.id atau langsung melalui website jdih.lapan.go.id. Menu yang terdapat didalamnya meliputi Beranda yang memuat gambaran umum dari JDIH Lapan serta Pentingnya JDIH Sebagai upaya penyediaan sarana pembangunan bidang hukum, meningkatkan penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum, dan meningkatkan pemberian pelayanan pelaksanaan penegakan hukum dan kepastian hukum. Menu Profil yang memuat Profil organisasi JDIH Lapan, Menu berita hukum yang memuat seputar berita informasi kegiatan subbagian hukum sebagai media pemberian informasi hukum serta pembinaan hukum khususnya di lingkungan Lapan. Salah satu menu JDIH yang terpenting adalah Peraturan, pada menu ini memuat PUU terkait tugas dan fungsi, PUU Terkait Organisasi dan Peraturan Kepala Lapan. Menu peraturan ini sebagai sarana untuk mempermudah pegawai dalam pencarian dan penelusuran Peraturan Kepala Lapan dan Produk hukum lainnya. Menu lainnya yang tak kalah menarik adalah Informasi Paten, dimana pada menu ini memuat  informasi seputar proses/prosedur dalam Pendaftaran Paten, Deskripsi umum tentang Paten yang telah sertifikasi dan Informasi tentang Paten yang sedang dalam proses. Adanya menu Informasi Paten ini sebagai sarana untuk meningkatkan semangat kreativitas para peneliti/perekayasa di lingkungan Lapan dalam melakukan penelitian yang berpotensi memperoleh paten. Selain itu Web site JDIH Lapan Tak ketinggalan memuat Kontak dan Link beberapa Instansi yang mempunyai web site JDIH diantaranya adalah BPHN, Dirjen HKI, Sekneg, Kemenristek, LIPI, BSN, BPPT, Bakosurtanal, Batan dan Badan Pengawas tenaga Nuklir.

Acara ditutup dengan sambutan yang di berikan oleh Bapak Bambang S. Tejasukmana selaku Kepala Lapan, Penanda tanganan dan peresmian Sistem Informasi serta pemberian password terkait sistem yang diluncurkan kepada para pejabat struktural di Lingkungan Lapan. Bapak Kepala Lapan menyampaikan pesan pentingnya mengikuti perkembangan teknologi informasi. Selain itu Kepala Lapan juga berpesan agar sarana Teknologi Informasi yang sudah ada di Lapan dioptimalkan sebaik mungkin, dengan adanya back up data, updating dan sosialisasi. Sistem dan data-data yang ada perlu dilindungi kemanan dan kerahasiaannya, sehingga meminimalisir serangan virus, hacker atau kejahatan internet lainnya. updating terkait pembaruan sistem, agar sistem informasi yang sudah ada tersebut selalu di perluas dan ditambah terus berita dan informasinya, agar menjadi sebuah sistem informasi yang dapat bermanfaat dan berguna bagi pegawai di Lingkungan Lapan. dan terahir adalah sosialisasi, dimana sistem informasi tersebut harus dikenalkan pada seluruh pegawai di lingkungan Lapan, agar para pegawai menjadi tahu berita dan informasi terkini dan tidak gagap teknologi.

Dengan adanya Peluncuran Sistem Informasi di lingkungan Sekretariat Utama Lapan salah satunya adalah JDIH Lapan sebagai bagian dari JDIH Nasional juga ikut berperan serta dalam mensosialisasikan dan menyerbarluaskan peraturan perundang-undangan nasional. dengan adanya JDIH Lapan, diharapkan seluruh karyawan Lapan dapat mengikuti perkembangan informasi dan berita terkini dengan mudah dengan memanfaatkan sarana dan perkembangan teknologi berbasis internet, sehingga dapat menghemat energi, mengoptimalkan waktu dan memperoleh capaian kinerja yang terbaik. (Taz)

Last Updated on Monday, 08 September 2014 02:20