BerandaProfilJDIH Lapan

JDIH LAPAN

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIH Nasional) adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat. JDIH Nasional lahir berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91 Tahun 1999 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang mana telah diganti dengan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012. Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut, Lapan merupakan salah satu anggota dari JDIH Nasional perlu melaksanakan penataan dokumen dan informasi hukum dalam suatu sistem jaringan nasional sehingga informasi hukum yang diberikan dapat diakses dengan mudah, baik oleh sesama anggota jaringan maupun oleh berbagai pihak yang berkepentingan.

Sejak ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 91 Tahun 1999, Lapan telah melakukan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pelestarian, dan pendayagunaan informasi Dokumen Hukum di lingkungan Lapan serta telah menggembangkan sistem informasi hukum berbasis teknologi informasi sebagai kegiatan awal yang menjadi cikal bakal lahirnya website JDIH Lapan (http://jdih.lapan.go.id).

Selanjutnya untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012, pengelolaan JDIH Lapan dilakukan dengan membentuk Tim yang dikoordinasikan oleh Biro Perencanaan dan Organisasi dimana berdasarkan Peraturan Kepala Lapan Nomor 02 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lapan, merupakan Biro yang membawahkan Bagian Organisasi dan Hukum c.q Subbagian Hukum yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pembinaan hukum, koordinasi dan penyusunan peraturan perundang-undangan, serta urusan administrasi hak kekayaan intelektual. Dalam melakukan pengelolaan JDIH Lapan pengelola mengsinergikan organisasi struktural Lapan yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan pembinaan hukum, arsip dan dokumentasi serta pengembangan sistem informasi kedirgantaraan, sehingga diharapkan pengelolaan JDIH dapat berjalan berkesinambungan.

Keberadaan JDIH Lapan dimaksudkan untuk dapat mempermudah dalam pencarian dan penelusuran Peraturan Kepala Lapan dan produk hukum Lapan lainnya, sebagai media pemberian informasi hukum serta pembinaan hukum khususnya di lingkungan Lapan. Selain itu JDIH Lapan sebagai bagian dari JDIH Nasional juga ikut berperan serta dalam mensosialisasikan dan menyebarluaskan peraturan perundang-undangan nasional.